Masyarakat Desa Air Duren Mendo Barat Meriahkan Kemerdekaan dengan Karnaval yang dan Pawai budaya

Airduren, Kliksumatra.com, semangat kemerdekaan merasuki Desa Air Duren di Kecamatan Mendobarat. Sebuah karnaval yang penuh antusiasme telah diadakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Masyarakat dari segala lapisan tampak bersemangat mengikuti berbagai lomba dan acara dalam rangka memperingati hari penting ini.

Bertempat di Desa Air Duren, acara karnaval ini menarik perhatian banyak mata. Seluruh warga desa mengambil bagian dalam perlombaan yang diadakan, menampilkan semangat persatuan dan kebersamaan yang tinggi.

Kepala Desa Air Duren, Sawalludin dalam pernyataannya, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat yang terlibat dalam kesuksesan acara tersebut.

“Antusias masyarakat sangat luar biasa, momentum 17 Agustus ini tidak hanya mengenang nilai nilai historis, tetapi lebih kepada rasa syukur atas kemerdekaan. Kami berharap tahun depan lebih meriah lagi,” ujar kades.

Karnaval ini tak hanya melibatkan warga desa, namun juga perwakilan dari setiap RT dan instansi terkait. Bahkan, pihak kecamatan, Koramil, dan Polsek Mendobarat turut hadir dalam acara ini. Dengan berbagai elemen yang terlibat, acara ini benar-benar menjadi wujud persatuan dan kesatuan dalam merayakan kemerdekaan.

Peserta karnaval melewati panggung kehormatan 20/08/23 dok.istimewa

Pentas seni yang beragam menjadi salah satu sorotan utama dalam karnaval tersebut. Di panggung kehormatan, masyarakat disajikan dengan tampilan seni yang menggambarkan nilai-nilai kebudayaan serta semangat kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, Pesantren Biru dari Desa Air Duren juga turut berkontribusi dengan tema “Generasi Muda Penghafal Al-Quran,” sementara drum band dari Pondok Pesantren At Toybah di Desa Balun ijuk juga membuat penampilan yang mengesankan.

Salah satu aspek unik dari karnaval ini adalah pengenalan aspek sejarah bangsa. Mulai dari era penjajahan hingga saat Indonesia merdeka, berbagai pentas seni ditampilkan dengan penuh semangat. Ketua panitia Abdul Aziz mengatakan, “Menampilkan pentas seni dari penjajahan sampai merdeka merupakan hal yang menarik dan memberikan pemahaman kepada generasi muda akan perjuangan bangsa.”

Tujuan yang lebih mendalam juga disoroti oleh Bhabinkatibmas Desa Air Duren Briptu Doni Saputra tanjung,  Ia menjelaskan “selain merayakan kemerdekaan, karnaval ini juga bermaksud untuk membangkitkan kreativitas warga serta memperkuat hubungan antar warga agar acara semacam ini dapat menjadi tradisi tahunan” ujarnya.

Peserta pawai berikan buah tangan ke Kades air duren Sawalludin

Acara karnaval dimulai pada pukul 08.00 WIB dan mengusung tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju.” Namun, di balik keseriusan peringatan kemerdekaan, terdapat momen lucu yang menyegarkan hati. Beberapa anak yang berpakaian layaknya “tuyul” berhasil mengundang tawa dan senyuman dari masyarakat yang hadir.

Karnaval Air Duren tahun ini bukan hanya sekadar sebuah acara, tetapi juga adalah simbol semangat persatuan, kreativitas, dan cinta terhadap tanah air. Dengan berbagai elemen yang berhasil menyatu dalam satu kesatuan, acara ini memberikan harapan untuk masa depan yang lebih gemilang bagi Desa Air Duren dan Indonesia secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *