oleh

Satgas Sebut Roadmap Vaksinasi Covid-19 dalam Tahap Finalisasi

-Sumbagut-12 views

[ad_1]

Foto: Dok. BNPB

agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan pihaknya telah merampungkan roadmap atau peta jalan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Saat ini, kata dia, rencana sasaran pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat itu tengah dalam tahap finalisasi.

“Roadmap sudah ada dan dalam finalisasi mencakup kandidat vaksin dan menyusun tahapan prioritas pemberian vaksin dengan pertimbangan seperti ketersediaan vaksin, penduduk, wilayah berisiko, tahapan pemakaian, dan indeks pemakaian,” kata Wiku dalam keterangan persnya di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (3/11/2020).

Wiku menerangkan, roadmap vaksinasi Covid-19 disusun mencakup skema platform vaksin, sasaran klaster kelompok, estimasi kebutuhan, dan rencana pemberian vaksin untuk mencapai efektivitas vaksin virus corona yang maksimal.

“Maka roadmap yang disusun memastikan rantai dingin atau cold chain dan kapasitas SDM yang melibatkan beberapa jenis tenaga kesehatan termasuk vaksinator,” tuturnya.

Ia menambahkan, roadmap program vaksinasi Covid-19 juga menyusun hingga ke jejaring layanan distribusi yang melibatkan lintas sektor untuk memastikan tak ada masalah dalam distribusi vaksin tersebut.

“Pemerintah juga mengkaji hal penting lainnya yang tidak boleh terlewat dalam vaksinasi nasional untuk memastikan keamanan, ketersediaan, serta mekanisme ketersediaan vaksin dengan melibatkan pendapat dari berbagai elemen dari lintas kementerian dan lembaga,” kata Wiku.

Menurut dia, kehadiran vaksin Covid-19 merupakan angin segar untuk mengendalikan pandemi dengan cepat. “Bahkan meskipun vaksin sudah ada, kita harus pastikan masyarakat dan pemerintah selalu menaati protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan primer,” tuturnya.

[ad_2]

Sumber http://waspada.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed