oleh

Wujudkan Pola Hidup Bersih dan Sehat, Dikes Kota Payakumbuh Sosialisasikan ini

Payakumbuh, kliksumatra.com — Dalam rangka mewujudkan masyarakat Bersih dan Sehat, Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan sasaran utamanya adalah pengurus Mesjid dan Mushalla se Kota Payakumbuh.

Kegiatan Sosialisasi PHBS ini dilaksanakan Selasa(22/10) bertempat di Aula Pertanian Gambir Kota Payakumbuh dan diikuti oleh perwakilan dari 113 pengurus mesjid dan mushalla yang ada di Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Kesehatan dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Ibrahim mengatakan Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat serta memberikan arahan kepada peserta yang nantinya dapat mensosialisasikan kembali kepada masyarakat tentang pola Hidup Bersih dan Sehat khususnya di tempat ibadah.

Dalam sambutannya Ibrahim menyampaikan, peserta Sosialisasi agar menyimak dengan baik materi-materi yang akan disampaikan oleh Narasumber karna kegiatan Sosialisasi ini sangat penting sebab menyangkut kesehatan dilingkungan masyarakat.

“dari hasil sosialisasi ini saya berharap para pengurus mesjid dan mushalla dapat menyampaikan kembali kepada masyarakat, terutama tentang bagaimana menanamkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di tempat ibadah serta lingkungan sekitar, kalau semuanya bersih maka banyak sekali manfaatnya seperti kita dan anggota keluarga tidak mudah sakit, anak kita juga dapat tumbuh sehat dan cerdas”, ujar Ibrahim.

Kasi Promkes Chandra Fienni dalam hal ini sekaligus menjadi Narasumber mengatakan PHBS ialah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga masyarakat atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan khususnya di mesjid dan mushalla.

“sama kita ketahui bahwa mesjid adalah tempat ibadah yang harus sangat di jaga kebersihannya dari hadas dan najis”, ungkapnya.

Selanjutnya Fienni menambahkan PHBS tempat ibadah yaitu menggunakan air bersih, menggunakan jamban, membuang sampah pada tempatnya,tidak merokok ditempat ibadah serta tidak meludah sembarangan. (Al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed