oleh

Puji Kinerja dan Kreatifitas Penyuluh Pertanian, Lurah Payobasung : Semoga Petani Bisa Lebih Profesional dalam Bertani.

Payakumbuh, kliksumatra.com – Lurah Payobasung, Arman bersinergi dengan Penyuluh Pertanian dari dinas Pertanian mengadakan lomba tanam padi jajar legowo alias Jarwo antar kelompok tani tingkat kecamatan Payakumbuh Timur, Kamis (21/11/2019) bertempat di sebuah bidang persawahan didepan kantor Lurah Payobasung.

Lomba yang diikuti 9 kelompok tani tersebut digagas #Dede Eldasari akrab disapa “Dede” salah seorang Fungsional Penyuluh pada Dinas Pertanian.

“Ya, hari ini kita melaksanakan lomba menanam padi sistem Jajar Legowo (jarwo) diikuti 9 keltan di kecamatan Payakumbuh Timur. Kesembilan kelompok tani tersebut adalah keltan Banda Sukali dari kelurahan Padang Tiakar, keltan Tunas Mekar dari kelurahan Payobasung, keltan Koto Saiyo dari Payobasung, keltan Ujuang Padang dari kelurahan Padang Alai Bodi, keltan Global, keltan Serasi, keltan Serbaguna, keltan Makmur Bersama dan Keltan Sejahtera Basamo. Disamping ajang silaturahim, lomba ini juga sebagai pembuktian bahwa keltan di Payakumbuh Timur bergerak atau dinamis. Melalui lomba ini kita bisa berbagi ilmu berani tanaman padi,”ungkap lurah, Kamis siang.

Diterangkan Arman, lomba yang hanya berhadiah uang pembinaan tersebut berasal dari Penyuluh Pertanian, donatur dan bantuan pihak kelurahan yang tidak mengikat.

“lomba ini merupakan sebuah motivasi agar semangat bertani secara profesional bisa diaplikasikan petani, khususnya anggota keltan. Lomba ini digagas Penyuluh Pertanian kita, Dede Eldasari. Dirinya dikenal petani sangat akrab dengan petani. Tiada kenal lelah mendampingi petani, tiada lelah memberi ilmu yang Dede kuasai. Tiada segan berhujan dan berpanas dalam mendampingi petani bahkan berlumur lumpur dan lunau sawah. Eldasari juga aktif berkoordinasi dengan kelurahan, teman seprofesi, pemerintah kecamatan, dan Dinas Pertanian,”beber Arman tentang Eldasari.

Kalau seandainya ada pemilihan Penyuluh Pertanian teladan, Saudari Dede Eldasari akan kita Rekomendasikan, “tandas Lurah Payobasung.

Terpisah, Eldasari saat ditemui kliksumatra.com menerangkan pelaksanaan tugasnya secara terjadwal.

Dirinya saat ini disibukkan dengan penyuluhan budidaya bawah merah, program peningkatan produksi kakao sistem sambung samping dan cocok tanam sistem jarwo.

“Doakan kami agar kami sehat wal afiat dalam menjalani tugas, mengabdikan diri dan ilmu tani kepada kelompok tani. Kami mesti pandai atur jadwal, antara kebutuhan petani dan kebutuhan pribadi. Mohon doa ya,”pinta Dede.

“Pada hari ini kita bersama pemerintah kelurahan Payobasung menggelar lomba cocok taman sistem jarwo. Yaitu antara jejer kelompok tanam ada jarak atau spasi. Lomba ini sangat disenangi para kelompok tani. Sistem ini sudah kita terapkan di Kota Payakumbuh, khususnya di kecamatan Payakumbuh Timur. Jelang lomba kita laksanakan, peserta sudah diberikan arahan,”ulasnya.

Lomba yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut akhirnya melahirkan juara Lima besar, Yaitu keltan Global dari kelurahan Payobasung tampil sebagai Juara I. Dilanjutkan keltan Banda Sukali di posisi kedua. Juara III diraih keltan Tunas Mekar. Juara Harapan I diraih keltan Ujuang Pandang dan Juara Harapan II diraih keltan Koto Saiyo.

Hadiah lomba tampak diberikan lurah Payobasung Arman bersama Penyuluh Pertanian setempat, Eldasari dan pejabat kelurahan lain. (Al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed