oleh

Lipsus : Kementrian Perekonomian RI Kembali Sambangi Sentra IKM Randang Payakumbuh

-Payakumbuh-10 views

Payakumbuh, kliksumatra.com – Menapaki usianya yang ke-49, 17 Desember 2019 ini, dibawah pimpinan walikota Riza Falepi dan wakil walikota Erwin Yunaz, Kota Payakumbuh semakin berbenah dan mulai fokus untuk mewujudkan satu per satu misi Kota Payakumbuh, diantaranya misi kedua yang berbunyi “Membangun Perekonomian yang Tangguh, Unggul, Berdaya Saing dan Berkeadilan dengan Berbasis Ekonomi Kerakyatan dengan Memunculkan Gerakan Ekonomi Bersama”.

Untuk menciptakan perekonomian Payakumbuh yang tangguh, unggul dan berdaya saing, pasangan Walikota Riza dan Wawako Erwin terus mendorong dan memberikan dukungan penuh untuk tumbuh kembangnya industry kecil menengah (IKM) dan wirausahaan baru di kota Payakumbuh. Salah satu upaya yang dilakukan Pemko adalah dengan me-rebranding kota Payakumbuh menjadi City of Randang.

Banyaknya IKM Randang yang ada di Payakumbuh, dan tingginya permintaan pasar terhadap Randang yang diproduksi di Payakumbuh, melahirkan ide bagi pemko Payakumbuh untuk menjadikan Payakumbuh sebagai salah satu kota produsen Randang terbesar di Indonesia. Ide tersebut dituangkan Pemko dalam bentuk kebijakan pengembangan IKM randang, membangun pusat pengolahan randang dan menjalin bekerjasama dengan berbagai pihak terkait pengembangan dan pemasaran randang.

Berkat dukungan semua pihak termasuk warga Payakumbuh, gaung Payakumbuh City of Randang pun mulai membahana sampai di tingkat Kementerian. Pada hari Senin (16/12), sehari sebelum hari jadi kota Payakumbuh yang ke-49, Kementerian Perekonomian Republik Indonesia yang sebelumnya pernah berkunjung ke kota Payakumbuh, kembali sambangi kegiatan produksi Randang di Sentra IKM Randang Padang Kaduduak Payakumbuh.

“Kita ke Payakumbuh selain untuk menghadiri HUT Kota Payakumbuh yang ke 49 kita juga ingin mengevaluasi sejauh mana perkembangan sentra IKM Randang ini,” kata Kasubid Peningkatan Skala UMKM Kemenko Perekonomian Romi Ramdani.

Dijelaskan, sejauh ini perkembangan sentra IKM sudah jauh meningkat dari sebelumnya, serta hasil produksi juga sudah lebih banyak dari waktu kunjungan sebelumnya, dan perkembangan UKM di Payakumbuh sejauh ini sudah meningkat drastis.

“Sesuai dengan pesan Presiden Jokowi kedepannya UKM ini harus naik kelas ketingkat yang lebih tinggi, dan itu kita lihat di Payakumbuh ini, dengan tumbuh dan berkembangnya UKM disini maka secara otomatis tentunya kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat,” ucapnya.

Senada dengan itu, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan, untuk tumbuh dan berkembangnya UKM di Payakumbuh, Pemerintah Kota sebagai pemegang regulasi tentunya akan selalu memfasilitasi segala sesuatunya untuk kemajuan UKM di Kota Payakumbuh.

“Semua yang diberikan oleh Pemerintah hanya untuk kesejahteraan masyarakat, ini semua bisa kita tunjukkan dengan pengelolaan yang profesional dan transparan,” tutupnya. (01)

#lipsusprotokoler

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed