Kelurahan Kapalo Koto Dibalai Punya PENA SIMAMAT

Payakumbuh, kliksumatra.com – Pertama di Kota Payakumbuh dan bahkan di Sumatera Barat, dan mungkin saja di Indonesia, ada lembaga pemerintahan yang membuka layanan publik pada malam hari. Kalau pun ada di tempat lain, mungkin lembaga bersifat swasta atau BUMN / D.

Kenyataan ini bisa pembaca buktikan di Kelurahan Kepala Koto Dibalai Kenagarian Koto Nan Gadang Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh – Sumatera Barat. Mungkin saja pembaca heran, mengapa pelayanan publik lembaga pemerintahan dibuka pada malam hari, dan harinya adalah malam Jumat ?.

Hal itu bukan satu yang mustahil bagi Chandra Januardi, Lurah muda yang saat ini diamanahi Walikota Payakumbuh Riza Falepi memimpin di Kelurahan Kapalo Koto Dibalai. Kelurahan ini termasuk luas di Kota Payakumbuh dikarenakan gabungan dari 3 wilayah yang sebelumnya kelurahan, yakni Balai Baru, Kotobaru dan Bunian. Disamping kawasannya luas dan banyak bangunan pemerintah serta lembaga pendidikan, kelurahan ini juga memiliki penduduk terbanyak dengan ragam profesi karena letaknya persis di seputaran kantor Walikota dan pusat pasar Kota Payakumbuh.

Atas dasar heterogennya profesi warga tersebutlah, Lurah Kapalo Koto Dibalai mencoba melahirkan sebuah inovasi layanan publik yang dinamai Pena Simamat atau Pelayanan Setiap Malam Jumat.

Alasannya, Lurah Chandra Januardi memandang bahwa sejak dirinya diamanahi Lurah disini, besar berkemungkinan masih ada warganya yang membutuhkan layanan di jam dinas kantor, namun tidak terlayani dikarenakan warga tetsebut mungkin sedang jualan di pasar atau sedang dinas di tempat lainnya.

“Ya, inovasi Pena Simamat ini kita lahirkan untuk masyarakat Kelurahan Kapalo Koto Dibalai yang tidak sempat mengurus urusan administrasi ke Kelurahan pada siang hari. Untuk itu, kami membuka pelayanan pada malam hari, satu kali seminggu setiap malam Jumat. PENA SIMAMAT (Pelayanan Setiap Malam Jumat), kami namai inovasi itu,”terang Chandra Januardi saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (23/10) siang.

Dikatakan Chandra, inovasi layanan ini masih dalam masa uji coba. Kita mulai tanggal 24 Oktober 2019 dari jam 19.15 WIB s/d jam 21.00 WIB. Kami harap masyarakat yang mempunyai kesibukan pada siang hari dapat terbantu dengan PENA SIMAMAT ini.

“Disamping menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, inovasi ini kami coba wujudkan guna menjawab tantangan Walikota Payakumbuh supaya setiap OPD melahirkan inovasi layanan publik mulai dari Eselon II hingga kelurahan. Dalam pengoptimalisasian inovasi layanan publik di malam jumat itu, kita sebagai lurah akan hadir setiap hari layanan. Kita akan hadirkan Sekretaris Lurah dan Kasi Pemerintahan. Pokonya jadwal piket pelayanan sudah kita buat sedemikian rupa,”beber Chandra lagi.

Terkait layanan tak jauh beda dengan pelayanan siang hari, layanan administrasi kependudukan, layanan pertanahan, pengaduan serta layanan lain bisa kita layani. Kalau seandainya Pena Simamat belum mencukupi kehendak warga kita akan tambah dengan inovasi selanjutnya, yakni Pena SiManis (Pelayanan Setiap Malam Kamis). Adapun terkait pembiayaan atas inovasi ini kami danai secara swadaya. Kalaupun ada warga mau memberikan secangkir kopi atau teh ditambah goreng pisang, boleh saja. Asal warga ikhlas kami siap menerimanya,”pungkas Chandra.

Ditambahkannya, tantangan ke depan juga semakin berat, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang menghadirkan di depan kita dunia yang tanpa batas, persaingan di segala lini yang semakin tajam, sehingga tidak ada pilihan lain selain kita harus berubah, dimana birokrasi harus lebih gesit, lebih efisien dan lebih berorientasi kinerja.

“Seiring dengan revolusi industri 4.0, kita harus bisa menghadirkan birokrasi yang up to date terhadap perkembangan teknologi informasi, birokrasi yang selalu berinovasi menghadirkan terobosan-terobosan baru yang dapat memudahkan pelaksanaan fungsi-fungsi pelayanan kita terhadap masyarakat, oleh karena itu peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan juga menjadi keniscayaan yang harus kita lakukan secara terus menerus dan kami berharap kerjasama ini juga menjadi bagian dalam upaya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah Kota Payakumbuh kedepannya,” terangnya.

Tiada bosan Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengingatkan jajarannya agar melahirkan inovasi pelayanan publik.

“Jajaran Pemko Payakumbuh kami tekankan agar menjalankan fungsi pengembangan inovasi administrasi negara di bidang tata pemerintahan, pelayanan publik, serta kelembagaan dan sumber daya aparatur. Pimpinan OPD mengatur tentang prinsip-prinsip pelayanan pemerintahan yang baik yang merupakan efektivitas fungsi-fungsi pemerintahan itu sendiri.

Pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintahan atau kooporasi yang efektif dapat memperkuat demokrasi dan hak asasi manusia, mempromosikan kemakmuran ekonomi, kohesi sosial, mengurangi kemiskinan, meningkatkan perlindungan lingkungan, bijak dalam pemanfaatan sumber daya alam, memperdalam kepercayaan pada pemerintahan dan administrasi publik,”pesan Riza disetiap pertemuan dengan jajaran.

“OPD jajaran Pemko Payakumbuh melahirkan sebuah jaminan adanya kepastian pelayanan, adanya kepastian hukum, adanya kesamaan hak, adanya keseimbangan hak dan kewajiban, keprofesionalan, partisipatif, persamaan dalam perlakuan/tidak diskriminatif, keterbukaan, akuntabilitas, fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan, ketepatan waktu dan kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan dan bertujuan agar batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban, dan kewenangan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik, menjalankan sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik dalam penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat dalam mendapatkan penyelenggaraan pelayanan publik,”Riza Falepi, tegaskan. (Al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 komentar

  1. Hello, yes this article is genuinely fastidious and I have learned lot of things from
    it on the topic of blogging. thanks.

  2. Heya i am for the first time here. I came across this board and I
    find It really useful & it helped me out a lot.
    I hope to give something back and aid others like you helped me.
    I saw similar here: Sklep online

  3. I loved as much as you will receive carried out right here.
    The sketch is tasteful, your authored material stylish.
    nonetheless, you command get got an impatience over
    that you wish be delivering the following. unwell unquestionably
    come more formerly again as exactly the same nearly very often inside case
    you shield this increase. I saw similar here: Dobry sklep

  4. Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m
    not seeing very good success. If you know of any please share.
    Thank you! You can read similar blog here: Dobry sklep

  5. Howdy! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m
    not seeing very good gains. If you know of any please share.
    Thanks! You can read similar art here: Sklep online

  6. Ping-balik: auto swiper
  7. Hey! Do you know if they make any plugins to help with SEO?

    I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.

    If you know of any please share. Kudos! I saw similar article here: Auto Approve List

  8. Howdy! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine
    Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Kudos! I saw similar
    art here: Scrapebox AA List