oleh

Juara KWT Didapat, Henny Riza: Kita Impikikan Agro Expo Yang Lebih Dikenal Masyarakat

Payakumbuh, KLIKSUMATRA — Satu bulan sudah lomba Kelompok Wanita Tani digelar di lokasi Payakumbuh Agro Expo 2019 tepatnya di kawasan Pasar Tradisional Payakumbuh Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate. Berbagai hasil kreasi kerajinan KWT telah dipamerkan di lokasi ini, mulai dari hasil pertanian, perkebunan dan dan budidaya tanaman hias lainnya.

Bukan sekedar diperlombakan, keberadaan KWT di lokasi tersebut juga sangat diminati para pecinta tanaman hias yang berasal dari Kabupaten Agam, Tanah Datar, Kabupaten 50 Kota dan Kota Bukittinggi. Sehingganya berbagai pesanan bibit tanaman hias terhadap KWT tampak berdatangan.

Kondisi tersebut membuat Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi menjadi bangga. Kebanggaan tersebut disampaikan Henny Riza Falepi saat menutup Lomba KWT yang dilaksanakan pada Kamis (10/10/2019) sore.

Dihadapan Kepala Dinas Ketahanan Pangan edvidel Arda dan pengurus KWT se Kota Payakumbuh yang tak sabaran menunggu pengumuman pemenang, Henny Riza Falepi berharap agar KWT terus kompak dalam berkreasi dan berinovasi, disamping menyalurkan hoby bercocok tanam.

“penilaian lomba KWT dilaksanakan murni dengan tim penilai independen karena berasal dari komunitas pecinta budidaya pertanian. Kegiatan yang disponsori Dinas Ketahanan Pangan, bersumber dari inisiasi para petani. Sewajarnyalah kami mengapresiasi keaktifan kita. Perlu kita dalami bahwa KWT bukan hanya stagnan, tapi bergerak. Bagaimana KWT sebagai bagian dari 10 tupoksi PKK bisa berbudi daya tanaman. Minimal buat dapur keluarga, maksimal menambah belanja,” apresiasi Henny.

Dikatakan Henny, kita impikan Agro expo lebih dikenal masyarakat luar Kota Payakumbuh, sehingga konsumennya orang luar.

“Lomba KWT bukan saja uforia semata, atau mengharapkan hadiah dari pemko Payakumbuh dan panitia pelaksana. Tapi, kita berupaya mengoptimalkan tiap tahun kita gelar expo pertanian sehingga tidak tertutup kemungkinan kita wujudkan sebuah pasar pertanian. Semua tak luput dari kegigihan dinas terkait dan warga,” ingin Henny kala itu.

Juri pun mulai mengumumkan pemuncak lomba tersebut, sebagai berikut :

Juara Harapan 3 diraih KWT Lumbung Rasaki
Harapan 2, KWT Kaluek Sepakat
Harapan 1, KWT Gambir Sejahtera
Juara III, KWT Tajahara
Juara II, KWT Tanjung Jaya.
Sedangkan Juara I diraih KWT Taratak Indah.

Selama 1 bulan digelarnya lomba KWT dengan berbagai tanaman hasil inovasi kekompakan dan kreasi. Selanjutnya, para pemenang dihadiadihi piala, uang pembinaan dan piagam yang diserahkan Ketua TP Pkk, Kadis Ketapang dan panitia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed