oleh

Hindari Kecurangan Pemko Payakumbuh Lahirkan Perkada PEngadaan Barang dan Jasa

Payakumbuh, kliksumatra.com — Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Pengadaan Barang / jasa dan Pengendalian Bangunan (PBJ Dalbang) melahirkan inovasi baru dengan mengajukan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) terkait kode etik dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Kepala Bagian PBJ Dalbang Meizon Satria mengatakan dengan adanya Perkada tersebut akan meminimalisir tejadinya kecurangan dalam proses pengadaan.

“Perkada tersebut juga untuk menghindari Konflik of Interest serta kecurangan ditingkat pengguna anggaran dan bagi penyedia,” ucap Maizon saat ditemui kliksumatra.com di ruang kerjanya, Selasa, (22/10).

Maizon menyebut setelah Perkada ini disahkan bisa menjaga integritas pelaku pengadaan barang dan jasa serta mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam proses pengadaan.

“Perkada ini mengatur mulai dari proses perencanaan, persiapan sampai ke tahap pelaksanaannya,” terangnya.

Dijelaskannya Perkada tersebut juga telah diterapkan dalam pengadaan barang dan jasa by system secara online sejak awal 2019 lalu.

“Sejak online ini, kita bisa memonitoring semua prose sejak awal kegiatan,” jelasnya.

Diungkapkannya sepanjang tahun 2019 ini PBJ Dalbang memiliki 90 Paket tender dan semuanya telah selesai ditenderkan dari instansi horizontal dan vertikal.

“Kita telah lakukan penyelesaian tender terakhir untuk anggaran perubahan bulan ini, dan semua paket telah selesai proses tender,” ungkapnya.

Meizon berharap untuk kedepannya proses evaluasi penyedia bisa ditetapkan oleh pejabat pembuat komitmen dan penyedia dipilih berdasarkan kinerjanya. (Al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed