oleh

Gambar Purba di Solok Ada Kesamaan dengan di Limapuluh Kota dan Tanah Datar

[ad_1]

Covesia.com – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat menemukan gambar cadas prasejarah di  Di sebuah Goa, Jorong Tabisu, Kenagarian Bukit Bais, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok. Penemuan ini menambah catatan warisan prasejarah di Sumatera Barat.

Rangkaian gambar cadas prasejarah yang ditemukan di Kabupaten Solok ini menjadi temuan kelima BPCB Sumatera Barat yang kelima sejak lima tahun terakhir. Terdapat kemiripan gambar Cadas di Solok dengan gambar di Kabupaten Limapuluh Kota dan Tanah Datar yang sebelumnya juga ditemukan oleh BPCB Sumbar.

Baca juga: Lukisan Purba Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Solok

“Dari motif dan pola gambar, ada kemiripan dengan yang di Limapuluh Kota dan Tanah Datar,” sebut Azwar Sutihat kepada Covesia.com, Selasa (3/2/2020).

Kesamaan motif tersebut terlihat dari gambar-gambar yang menjelaskan tentang religi (pemujaan-red) dan media karya seni. Seperti matahari, lambang pemujaan dan pola-pola geometris,” kata Azwar.

Selain itu, gambar cadas di Solok juga didominasi warna putih seperti gambar di Limapuluh Kota dan Tanah Datar. Termasuk cara mengukir dan menggambar nya.

“Sepertinya ada kaitannya setelah melihat ada beberapa kesamaan dari gambar-gambar tersebut. Tapi bagaimana kaitannya belum terlalu didalami. Karena kami baru sebatas melakukan survey dan upaya untuk melindungi cagar budaya ini,” sebutnya.

Sebelumnya, BPCB Sumatera Barat menemukan lagi gambar Cadas di sebuah Goa area perbukitan Karsh, Jorong Tabisu, Kenagarian Bukit Bais, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok bulan Oktober 2020 silam. Sampai saat ini, Tim BPCB masih melakukan penelitian terhadap gamba-gambar cadas ini yang mencapai 160-an gambar. (agg)



[ad_2]

Sumber : https://www.covesia.com/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed