oleh

Dosen STIE di Pekanbaru Ini Raih Makalah Terbaik Konferensi di AS

-Kepri-19 views

[ad_1]

KUALA LUMPUR – Ketua Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia (ADPEBI) Dedi Iskamto yang juga kandidat doktor Manajemen Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia berhasil meraih best tract paper pada International Engineering and Operation Management (IEOM) Conference di Detroit, Amerika serikat.

“Konferensi ini merupakan bagian dari The 5th North American IEOM Society Detroit Conference 2020 yang diselenggarakan secara virtual oleh gabungan perguruan tinggi detroit Michigan Amerikan Serikat,” ujar Dedi Iskamto yang juga dosen STIE di Pekanbaru Riau ketika dihubungi dari Kuala Lumpur, Selasa (1/9/2020).

Gabungan perguruan tinggi tersebut seperti School of Engineering, Eastern Michigan University, Ypsilanti, Lawrence Technological University, Southfield, Michigan, Wayne State University, Detroit dan Industrial & Manufacturing Engineering, University of Wisconsin-Milwaukee pada 10-14 Agustus 2020.

Paper yang dipresentasikan oleh Dedi Iskamto berjudul “Impact of Employee Satisfaction on Work Discipline in Government Office in Indonesia” merupakan paper yang ditulis bersama dengan Kurniati Karim, STIE Sakti Alam Kerinci, Sukono Universitas Padjadjaran, Indonesia, dan Abdul Talib Bon, Universitas Tun Hussein Onn Malaysia, Malaysia.

“Konfrensi ini sendiri merupakan konferensi yang diikuti lebih 50 negara dan dilakukan untuk pertama kalinya melalui daring (online), tidak kurang ada tujuh ratus paper (kajian ilmiah) bersaing untuk meraih best paper pada masing-masing bidangnya, selain juga ada pemilihan disertasi terbaik,” katanya.

Dedi Iskamto sendiri memenangkan best tract paper untuk kategori penting manajemen operasi yang merupakan bagian yang paling menarik dalam bidang yang ditampilkan di IEOM.

“Saya memasukan dua paper pada konferensi kali ini tetapi hanya satu paper yang mendapat penghargaan best paper,” kata Dedi.

Karya ilmiah tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap pegawai pemerintahan di Riau Indonesia dengan mengambil topik pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai negeri di Indonesia.

“Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, analisis datanya menggunakan SPSS 23. Hasil pengujian ditemukan hasil uji-t lebih besar dari t-tabel,” katanya.

Sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan disiplin kerja dapat diterima.

Sedangkan uji R2 sebesar 61,6 persen sedangkan 38,4 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Artinya, kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap disiplin kerja pegawai pemerintah.

Paper yang berhasil lolos pada konferensi IEOM 2020 direncanakan akan dipublikasikan pada prosiding yang terindeks di Scopus and EBSCO.

Bagi Dedi sendiri konferensi IEOM bukanlah konferensi yang IEOM pertama yang ia ikuti, sebelumnya dia juga mengikuti konferensi IEOM yang diselengarakan di Riyadh, Saudi Arabia, 2019.

“Mengikuti konferensi internasional adalah kewajiban bagi seorang akademi baik sebagai seorang dosen maupun sebagai seorang mahasiswa program pasca sarjana, karena disini kita bisa menyampaikan gagasan, ide maupun penemuan serta membangun jaringan sesama akademisi di seluruh dunia,” ujar Dedi yang juga dosen di STIE Riau Pekanbaru.

Ditambahkannya, untuk dapat mengikuti serta menghasilkan tulisan yang baik harus ada koloborasi dengan akademisi lain.

“Dalam dunia akademisi adalah wajib hukumnya untuk melakukan kolaborasi dengan penulis lain untuk dapat mendapat nilai kredit yang baik dari para editor, baik untuk jurnal maupun untuk konferensi,” kata Dedi. ***

[ad_2]

Source link

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed