Sertijab Camat Akabiluru,Bupati Safaruddin : Camat Harus Edukasi Masyarakat

 

Limapuluh Kota, Kliksumatra.com — Bupati Safaruddin menyampaikan bahwa, seorang Camat merupakan representasi Kepala Daerah di wilayah kecamatan yang mendapatkan pelimpahan sebagian kewenangan dari Bupati untuk melaksanakan urusan otonomi daerah. Untuk itu, Camat harus membantu Bupati untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mengawasi, mengevaluasi dan mendukung penuh setiap pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan Akabiluru.

“Selain itu, Camat harus segera berkoordinasi dalam membangun sinergitas dan integritas dengan unsur Forkopimca maupun nagari, sehingga mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah, yang merupakan visi daerah dapat didukung juga oleh seluruh elemen masyarakat,” kata Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo sebagaimana sambutannya yang disampaikan oleh Asisten I Herman Azmar usai menyaksikan serah terima jabatan (Sertijab) pejabat Camat Akabiluru dari pejabat lama Ismet ke pejabat baru Nuzul Firman serta pelantikan dan Sertijab Ketua TP-PKK Akabiluru dari Ny. Yani Idalita Ismet kepada Ny. Adelina Nuzul Firman di Pelataran Kantor Camat Akabiluru, Rabu (01/02/2023). Tampak hadir pada acara sertijab, Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin, Kepala Dinas Kominfo Eki Hari Purnama, Kepala Satpol PP Fidria Fala, Forkopimca, Wali Nagari se-Kecamatan Akabiluru, tokoh masyarakat, dan sejumlah camat di Kabupaten Limapuluh Kota.

Dibagian lain sambutannya, Herman Azmar yang membacakan sambutan Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat lama Ismet yang telah memasuki masa purna tugas beserta jajaran atas dedikasi yang ditunjukkan selama bertugas. Kemudian dilanjutkannya, dalam mensukseskan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat kecamatan, maka perangkat kecamatan harus segera mempersiapkan dan meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan segala unsur terkait, terutama perangkat nagari yang jadi poros dari Musrenbang. “Tidak hanya itu, dengan target angka stunting 14% pada tahun 2024, Camat juga harus terlibat untuk menurunkan angka tersebut dengan mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan pernikahan dini, memaksimalkan pola asuh, pengoptimalan peran kader bina keluarga balita,” ungkap Herman. Selanjutnya Ia menyampaikan kepada Nuzul Firman dan Adelina Nuzul Firman agar menciptakan inovasi-inovasi baru dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki Kecamatan Akabiluru.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota Nevi Safaruddin dalam sambutannya mengatakan, PKK melalui 10 program pokoknya merupakan mitra strategis pemerintah dalam usaha mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Sesuai dengan visi dan misi PKK yaitu terwujudnya keluarga pelopor perubahan dalam pemenuhan SDM berkualitas melalui ketahanan ekonomi, revolusi mental, lingkungan hidup dan pelayanan dasar, kami berpesan kepada Ketua TP-PKK Kecamatan Akabiluru yang baru dapat menjalankan program-program prioritas PKK Kabupaten Lima Puluh Kota dengan baik serta meningkatkan prestasi di berbagai bidang lomba yang diikuti oleh TP-PKK Akabiluru selama ini,” pungkas Nevi Safaruddin. (Kmf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar