oleh

Sepanjang 2019, Pemko Payakumbuh Tuntaskan Pembahasan Enam Perda

Payakumbuh, kliksumatra.com – Sepanjang 2019, sebanyak enam Peraturan Daerah (Perda) inisiatif Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh telah selesai dibahas oleh DPRD daerah setempat.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Kota Payakumbuh, Aznizenti mengatakan, enam Perda yang telah selesai tersebut terdiri atas tiga Perda untuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019. Sementara tiga Perda lain adalah Perda Pengelolaan Sampah, Perda Pengelolaan Cadangan Pangan, dan Perda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektrobik (SPBE).

“Tiga Perda tersebut sudah ditetapkan bersama DPRD dan nomor registrasi juga sudah keluar dari Biro Hukum Provinsi,” ujarnya, Jumat (29/11).

Saat ini, tiga Perda tersebut dalam tahapan penandatanganan oleh kepala daerah, yakni Wali Kota Payakumbuh serta Sekda Payakumbuh.

“Selanjutnya baru kami undangkan dalam lembaran daerah, maka jadilah dia produk hukum daerah,” sebutnya.

Perda Pengelolaan Sampah sendiri adalah perubahan dari Perda Nomor 4 tahun 2014 yang mana pada perubahan kali ini telah ditambahkan sanksi administratif.

“Tanggal 12 Desember ini akan kami sosialisasikan dengan masyarakat, karena Perda ini berhubungan langsung dengan masyarakat. Setelah disosialisasikan baru mulai efektif berjalan,” katanya.

Untuk Perda Cadangan Pangan merupakan Perda yang mengatur tentang pengelolaan pangan di Payakumbuh. Ini merupakan bentuk langkah antisipatif dari Pemko Payakumbuh terhadap ketersediaan pangan.

“Di sini dituntut bagaimana pemerintah daerah dapat bekerja sama dengan pihak logistik. Sehingga pada masa-masa yang cukup sulit, pangan kita aman,” sebutnya.

Terakhir, Perda SPBE mengatur sistem pemerintahan di Payakumbuh yang sudah berbasis elektronik. Sebenarnya, dalam satu tahun ini pemko telah menjalankn hal tersebut.

“Tapi kita tentu butuh regulasinya, sehingga semua berjalan sesuai dengan regulasi,” pungkas Aznizenti. (Al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed