Semarakkan Hari Ikan Nasional Ke X, Dinas Perikanan Bersama Forikan Gelar Sejumlah Lomba

 

Limapuluh Kota, Kliksumatra. Com — Guna menyemarakkan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-X tahun 2023, Dinas Perikanan bersama Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Limapuluh Kota menggelar sejumlah lomba bertemakan “Ikan untuk Generasi Emas”, Selasa, (21/11/2023). Digelar di Taman Bermain Anak Lembah Harau, lomba tersebut dibuka langsung oleh Bupati Limapuluh Kota yang diwakili Asisten Administrasi Umum Ahmad Zuhdi Perama Putra. Berbagai lomba yang diikuti oleh Anggota PKK dan pelajar Taman Kanak-kanak diantaranya lomba inovasi masak serba ikan, lomba mewarnai ikan, dan lomba menyanyi gemar ikan. Turut hadir dalam pembukaan Kepala Dinas Perikanan Siswanto, Ketua TP PKK sekaligus Ketua Forikan Ny.Nevi Safaruddin, seluruh camat dan Ketua TP PKK kecamatan se Limapuluh Kota.

Membacakan sambutan Bupati, Asisten Ahmad Zuhdi Perama Putra menyampaikan, ikan sebagai menu sehari-hari tentunya membutuhkan kreatifitas agar menarik untuk dikonsumsi bagi masyarakat baik dari segi gizi maupun tampilan. Untuk itu diharapkan, lomba ini mampu dijadikan sebagai wahana pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik serta meningkatakan minat anak-anak mengkonsumsi ikan. “Saya berharap kita semua membudayakan kebiasaan mengonsumsi ikan dan dapat mensosialisasikan pola konsumsi sehari-hari berbahan ikan kepada seluruh masyarakat yang ada di lingkungan sekitar,” ucapnya. Lebih lanjut, atas nama Bupati, Pram mengucapkan terima kasih kepada dinas Perikanan, Forikan dan para peserta yang telah menyemarakkan peringatan Hari Ikan Nasional ke-X.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan Siswanto dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan lomba dalam rangka memeriahkan Harkanas X bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat dan menyebarkan informasi tentang olahan ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdaaan. “Terlaksananya berbagai macam lomba ini diharapkan masyarakat dan stakeholder pengolahan ikan termotivasi dalam menciptakan aneka ragam masakan dari ikan,” tambahnya.

Sementara itu ketua Forikan Limapuluh Kota Nevi Safaruddin mengatakan, Forikan Limapuluh Kota terus berupaya menyemarakkan gerakan makan ikan untuk mendukung peningkatan konsumsi ikan yang pada tahun 2022 berada di angka 39,95 kg/tahun. “Hal ini sejalan dengan cita-cita Pemkab Limapuluh Kota dalam pencegahan dan penurunan stunting,” ucapnya. Nevi menilai, terlaksananya berbagai lomba ini diharapkan kepada ibu-ibu PKK dapat menyebarluaskan informasi tentang inovasi menu keluarga berbahan ikan serta diharapkan kepada anak-anak agar dapat mengenalkan ikan beserta manfaatnya. “Mari bersama kita dukung upaya peningkatan konsumsi makan ikan untuk pecegahan dan penurunan stunting,” pungkasnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. I think the admin of this site is genuinely working hard in favor of his website, since here every stuff is quality based data.