oleh

Pasca Kunjungan Menteri KKP, Pokdakan Anak Kociak Siap Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Lewat Inovasi Baru

Limapuluh Kota – Pasca Kunjungan Mentri KKP (Kelautan dan Perikanan) Sakti Wahyu Trenggono beserta rombongan ke kabupaten Limapuluh Kota pekan lalu, Pokdakan (kelompok pembudidaya ikan) Anak Kociak yang berada di kecamatan Suliki, siap dan akan terus berinovasi menggiatkan sebuah program untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Disampaikan Ketua Pokdakan Anak Kociak, Armendho kepada media ini, Senin (07/6) via selulernya, saat ini kita sedang mencoba meluncurkan sebuah inovasi baru, yaitu program membangun kampung-kampung perikanan budidaya tawar, payau, dan laut berbasis kearifan lokal. “Program tersebut akan terus digiatkan di seluruh pelosok Indonesia, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan,” ujar Armendo.

“Menurutnya, seperti yang disampaikan Menteri KKP sebelumnya, daerah kita Kabupaten Limapuluh Kota dinilai sangat potensial untuk pengembangan perikanan air tawar karena memiliki letak geografis yang strategis dan dilengkapi dengan kekayaan sumber daya genetik, terutama pada ikan gurami asli Indonesia.

“Karena itu kita termotivasi untuk menargetkan budidayanya dengan langsung menggerakkan Pokdakan Anak Kociak untuk pengembangbiakkan dan membudidayakan kearifan lokal sehingga menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sebagai Ketua Pokdakan dan pembudidayaan Gurami, Armendo mengucapkan terimakasih atas kunjungan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono Ke lokasi pembudidayaan miliknya.

Dikatakan Armen, kunjungan menteri dan jajaran merupakan pendorong kami sebagai pelaku pembudidayaan agar terus berinovasi dan kualitas pembibitan, produksi hingga memiliki pasar strategis untuk penjualan hasil produksi kedepan.

“Akan kami tingkatkan sesuai dengan target ratusan ton produksi, ekspansi pengembangan Gurami Bima ini akan terus kita lakukan sesuai dengan arahan dan edukasi kementerian KKP dibeberpa wilayah di Kabupaten Limapuluh Kota.

Terimakasih kepada Dinas Perikanan kabupaten Limapuluh Kota, khususnya Sekretaris Susi Letrini yang telah ikut bersama kami berjuang dan banyak membantu Pokdakan Anak Kociak bahkan sampai ke hubungan International,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan kabupaten Limapuluh Kota diwakili Sekretaris, Susi Letrini, pihaknya siap mensupport penuh Pokdakan Anak Kociak, baik itu dari segi sarana dan prasarananya.

“Nanti kita akan terus mendampingi dan melakukan pembinaan teknis terhadap Pokdakan Anak Kociak. “Semoga Pokdakan ini terus berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat lainnya,” harap Susi.

Sebelumnya, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mendukung penuh apa yang menjadi motivasi dan inovasi Pokdakan Anak Kociak, menurutnya, ini inovasi masyarakat yang perlu didukung penuh Pemkab. Melalui benih, induk dan pakan, budidaya ikan gurami ini ke depan harus memiliki siklus produksi berkesinambungan sebagai pendapatan masyarakat.

“Hal yang disampaikan Menteri KKP merupakan langkah kongkrit daerah untuk merealisasikan program ini menjadi program unggulan daerah yang memberikan dampak baik pada perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah,” simpul Safaruddin. (Bambang).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed