oleh

LAPAS PAYAKUMBUH SALURKAN BANTUAN SEMBAKO KEPADA MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19

Payakumbuh, Kliksumatra.com – dalam dua tahun terakhir, pandemi Covid-19 telah merenggut banyak hal dari kehidupan kita. Tak pelak, kondisi ini pun memunculkan berbagai macam keprihatinan bagi masyarakat Indonesia, seperti naiknya angka kemiskinan yang dibarengi dengan melonjaknya pengangguran.

Data per 28 Juli 2021 pada laman https://covid19.go.id/, jumlah pasien yang terinfeksi positif Covid-19 secara nasional berjumlah 3.287.727 orang. Angka tersebut meningkat 47.791 kasus dibandingkan hari sebelumnya.

Namun, sejak pemerintah menggulirkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, terdapat tren penurunan mobilitas hampir di semua wilayah. Dimana pembatasan pergerakan masyarakat menjadi faktor penting salah satu upaya pemutusan transmisi Covid-19

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengatakan kebijakan pemerintah dengan membuat PPKM Level 4 bertujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Kebijakan yang sedianya berakhir pada 25 Juli 2021 lalu ini, kini resmi diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Pemerintah sadar, kebijakan ini akan berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi sosial masyarakat, dan berdampak pada ketidakmampuan masyarakat yang kesulitan dalam mencari nafkah.

Tak pelak, kondisi ini pun memunculkan berbagai macam keprihatinan bagi masyarakat Indonesia, seperti naiknya angka kemiskinan yang dibarengi dengan melonjaknya pengangguran.

Kondisi ini sebagai Musibah bagi semua Kalangan Masyarakat tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia terutama dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Oleh Karena itu, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Payakumbuh ikut berbagi memberikan bantuan berupa Sembako kepada Masyarakat yang terdampak pandemi dengan melakukan Bakti Sosial di sekitar Lingkungan Lapas Payakumbuh. Setelah sehari sebelumnya diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia yang dipimpin Menteri Hukum dan HAM, Yasona H.Laoly melalui program bantuan sosial yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal.

Bantuan yang diberikan berupa 40 paket sembako serta bentuk lain, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dengan sasaran masyarakat yang tinggal di sekitar satuan kerja Lapas Payakumbuh dengan kriteria terdampak langsung secara ekonomi dan sosial akibat pandemi Covid-19.

Kepala Lapas Payakumbuh, Muhamad Kameily menyampaikan dan mengajak Warga untuk dapat terus mematuhi anjuran Pemerintah dan Melawan Virus Covid-19 secara bersama-sama agar kehidupan bisa kembali normal seperti biasa.

Masyarakat pun sangat antusias dan sangat berterima kasih dengan adanya bakti sosial ini dapat sedikit memenuhi kebutuhan sehari-hari.
“Pada hari ini kita Alhamdulillah kita bisa berbagi 40 paket sembako, Ini semua adalah wujud dari kepedulian dari Insan Pengayoman melalui program pemberian bantuan sosial (KUMHAM PEDULI KUMHAM BERBAGI), mencoba turut berempati kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Kameily saat memberikan bantuan sosial secara di Lapas Payakumbuh.(CG)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed