Jadi Inspektur Upacara di SMK Negeri 1 Guguak, Ini Kata Bupati Safaruddin

 

Limapuluh Kota, Kliksumatra.com –Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo mengatakan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota terus berupaya mengakselerasi penerbitan KTP Elektronik bagi 4.374 jiwa masyarakat yang kebanyakan adalah para pelajar baru memasuki usia 17 Tahun. Komitmen dalam upaya tersebut merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota terhadap kesuksesasn penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 nanti. “Pemilih yang baru berusia 17 tahun saat ini kebanyakan bersekolah di SMA/SMK. Untuk itu program Dukcapil Goes To school dilaksanakan di SMK Negeri 1 Guguak dengan harapan, para siswa dapat menggunakan hak suaranya pada pesta demokrasi Indonesia nantinya,” ucap Bupati saat memberikan sambutan pada Upacara Bendera di Lapangan SMK Negeri 1 Guguak, Senin (29/01/2024).

Bupati Safaruddin di bagian lain sambutannya mengatakan, Pemda berkomitmen untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya pelayanan administrasi kependudukan. “Melalui program Dukcapil Goes to school, diharapkan bisa menjawab kesulitan dan kerumitan masyarakat utamanya para pelajar dalam mengurus dokumen tanpa harus mendatangi Dinas Kependudukan dan catatan sipil,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Safaruddin menyampaikan, perbaikan pelayanan yang diupayakan pemerintah daerah juga menunjukkan hasil positif. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya opini penilaian publik yang dilakukan Ombudsman RI dari angka 46,93 poin di tahun 2021 menjadi 85,59 di tahun 2023 dan menjadi daerah di Sumatera Barat yang mengalami peningkatan paling signifikan. “Kami berpesan kepada para pelajar untuk belajar dan menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh, jangan sia-sia kan perjuangan orang tua, hormati guru dan jadilah orang yang menguasai ilmu pengetahuan,” pungkasnya.

Bupati juga menyampaikan pesan terkait Pemilu yang akan datang. Dengan sebagian besar pemilih pemula berasal dari kalangan siswa SMA, beliau berharap mereka menggunakan hak suaranya dengan baik, menjadi pelopor generasi muda yang cerdas, tertib, damai, dan berintegritas dalam menyambut pesta demokrasi. “Pendidikan politik bagi pemilih pemula bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan politik, sebab pemilih pemula sangat penting dalam mempengaruhi jalannya pemerintahan 5 tahun kedepan,” tutup Bupati Safaruddin. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *