oleh

Groundbreaking IPAL Selayur, Beri Manfaat Bagi Palembang – SUMEKS.CO

-Padang-14 views

[ad_1]

Sumeks.co – Pemerintah Kota Palembang mendapat hibah dari Pemerintah Australia berupaProyek Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Sei Slayur. Groundbreaking pembangunannya dilakukan di kawasan Lr Sutanmi Kecamatan Kalidoni, Rabu (4/11).

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan fasilitas IPAL ini sangat diperlukan, mengingat 69 persen warga kota Palembang membuang air limbah rumah tangganya ke drainase yang bermuara ke Sungai Musi Palembang.

Proyek ini akan menggunakan pipa transmisi utama yang sudah dibangun sejak tahun 2017. Dimana sampai saat ini terpasang pipa sepanjang 5,5 kilometer dari total panjang pipa utama yakni 8 kilometer. Secara keseluruhan, akan mencakup 21 ribu sambungan.

“Dari 21 ribu sambungan rumah itu akan menyasar 100 ribu masyarakat kota Palembang. Memang baru sedikit, nanti bertahap ada penambahan penerima manfaat,” ujarnya.

Selain hibah Australia, pembangunan proyek multiyears ini juga akan didukung APBN, APBD Provinsi dan APBD Kota Palembang. Proyek ini ditarget selesai tahun 2022, dan akan diserahkan oleh PDAM Tirta Musi sebagai pengelola.

“Nilai proyek adalah Rp1,2 Triliun dengan sharing dari APBN sebesar 55 persen, APBD Kota dan Provinsi masing-masing Rp60 Miliar, serta dana hibah Pemerintah Australia. Setelah selesai insyaallah tahun 2022 nanti akan dikelola oleh PDAM Tirta Musi,”tegasnya.

Di tempat yang sama, Allison duncan selaku Australian Charge D’affaire to Indonesia menambahkan, proyek ini bersama proyek sanitasi lain di Indonesia, akan membantu pemerintah menuju target pembangunan berkelanjutan akses sanitasi aman.

Proyek sanitasi yang dikelola dengan aman akan berkontribusi dengan perbaikan lingkungan. Dimana sejak tahun 2008 Australia telah berinvestasi lebih dr AUS$300 juta dolar, untuk mendukung Indonesia meningkatkan infrastruktur air minum dan sanitasi, yang telah menghasilkan ratusan ribu sambungan rumah.

“Proyek ini merupakan konsorium antara McConnall Dowell Australia (BUMN Australia) dan PT Pembangunan Perumahan Indonesia yang menampilkan kemampuan Australia dalam merencanakan menerapkan dan merancang infrastruktur air,”ungkapnya. (Dey)



[ad_2]

Sumber https://sumeks.co/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed