Stok Bahan Pokok Sampai Lebaran Aman, Masyarakat Diimbau Tak Panic Buying

 

Lima Puluh Kota, Kliksumatra. Com – Stok kebutuhan pokok di Kabupaten Lima Puluh Kota sampai Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2004 dipastikan aman. “Alhamdulillah ketersediaan cenderung stabil dan aman seperti gula, minyak dan kebutuhan pokok lainnya, jadi masyarakat tidak perlu panic buying atau menimbun stok untuk menghadapi lebaran,” imbau Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota Rahmat Hidayat usai melakukan pemantauan ke beberapa gudang di Kabupaten Lima Puluh Kota, Rabu (27/03/2024).

Lebih lanjut, Rahmat Hidayat menerangkan terjadinya fluktuasi harga di beberapa bahan pokok menjelang lebaran yang perlu diantisipasi, “Khusus bahan pokok memang terjadi fluktuasi harga yang cukup tinggi terutama beras yang perlu kita antisipasi sebelum lebaran,” ujarnya. “Kalau kita lihat kebiasaan tahun-tahun sebelumnya, harga cabe juga berdampak tapi kenaikan ini sudah melambung di awal Ramadhan sekitar 100-120 ribu/kg, sudah terantisipasi dengan masuknya cabe dari Sumatera Utara dan harganya sudah kembali normal,” tambahnya.

Untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota menggencarkan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) di sejumlah nagari. Kegiatan GPM telah berlangsung dari tanggal 8 Maret lalu dan berakhir pada tanggal 4 April 2024 nanti. “Gerakan Pangan Murah yang leading sektor Dinas Pangan dilaksanakan hampir setiap minggu, InsyaAllah sebelum lebaran akan dilaksanakan pada tanggal 4 April dan beberapa instansi vertikal seperti TNI juga akan melaksanakan operasi pasar di tanggal 2 April nanti,” kata Rahmat Hidayat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *