oleh

Ribuan UMKM di Palembang Terdampak Pandemi – SUMEKS.CO

-Padang-9 views

[ad_1]

Sumeks.co – Dampak Pandemi Covid-19, membuat Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengalami penurunan produktivitas. Bahkan ada yang tidak mendapatkan pemasukan selama beberapa bulan kebelakang.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang Ana Heriana melalui Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Juanaria menerangkan alasan utama UMKM di Palembang terdampak lantaran tidak adanya event atau acara yang berlangsung, akibat pembatasan kegiatan di masa pandemi. Selain itu konsumen juga takut untuk mengonsumsi atau membeli produk UMKM.

“Di Palembang lagi kosong (event), sehingga produk yang dihasilkan dan harusnya bisa menjadi rupiah itu sangat minim,” ujarnya, Selasa (3/11).

Juanaria mengatakan berdasarkan data 2019, ada 37.902 UMKM dari berbagai sektor di kota Palembang. “Semua UMKM di bawah naungan kami pastikan telah merasakan dampaknya,”kata dia.

Memasuki kehidupan normal baru saat ini, pihaknya mengambil langkah memfasilitasi kebutuhan UMKM dengan mendistribusikan bantuan langsung dari pemerintah pusat untuk UMKM yang berhak menerima sesuai persyaratan.

“Ini supaya UMKM bangkit, mereka yang benar-benar butuh, secara detail yang tahu pihak bank penyalur,” jelasnya. Tidak saja bantuan dari Presiden, bagi UMKM terdampak juga menerima keringanan pinjaman modal tanpa bunga dan agunan yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kerja sama PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

“Tahun ini ditarget 4000 UMKM, tahun lalu terealisasi 4.020,” tutupnya. (Dey)



[ad_2]

Sumber https://sumeks.co/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed