oleh

Program Lada Merah Bantu Ratusan Warga Tak Mampu Di Kecamatan Latina

 

Payakumbuh,Kliksumatra.com — Ratusan masyarakat kurang mampu di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) mendapatkan bantuan sosial berupa paket sembako, beasiswa, dan bantuan pengobatan di Kantor Camat Latina, Jumat (24/6).

Penyerahan bantuan yang diberi nama Latina Peduli Warga Menuju Sejahtera Dan Harmonis (Lada Merah), ini merupakan kolaborasi Camat bersama Lembaga Kesejahteraan Masyarakat (LKS) Peti Bunian Lamposi, Barkah Mart, dan BAZNAS Kota Payakumbuh.

Pada kegiatan penyerahan bantuan sosial tersebut, turut hadir Camat Latina Diki Engla Mardianto, Ketua Baznas Kota Payakumbuh Hamdi Sofyan, Ketua LKS Peti Bunian Lamposi Eka Dt. Patiah Nan Baringek, Owner Barkah Mart yang diwakili oleh Kemal Fauzi dan Ranwayang, serta Pekerja Sosial Masyarakat se Kecamatan Lamposi Tigo Nagori.

Camat Latina Diki Engla Mardianto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada donatur yang telah memberikan bantuan kepada masyarakatnya. Camat berharap bantuan dan partisipasi donatur ini menjadi berkah dan dinilai ibadah oleh Allah SWT.

“Awalnya di bulan puasa lalu, saat kegiatan sosial LKS Peti Bunian Lamposi ada penyerahan sembako dan kami bertemu owner Barkah Mart, Bapak Aga Satria, selaku camat, saya meminta beliau menyalurkan bantuan untuk warga Latina, alhamdulillah terlaksana hari ini,” kata Diki.

Bagi Peti Bunian Lamposi, terang Camat Diki, merupakan agenda rutin karena memasuki tahun ajaran baru, disalurkan bantuan beasiswa kepada siswa sekolah. Sementara itu 200 paket sembako yang dibagikan merupakan sedekah atau sumbangan dari Berkah Mart, setelah camat berkoordinasi beberapa waktu lalu dengan para donatur ini.

“Kita berkolaborasi dengan LKS peti bunian, BAZNAS dan para donatur lainnya dalam membantu masyarakat yang kurang mampu. Penyerahan sembako dari para donatur untuk 200 orang, beasiswa dari LKS peti bunian untuk 7 orang, dan biaya pengobatan dari BAZNAS Kota Payakumbuh untuk 3 orang,” kata Diki.

Camat berharap bantuan ini menjadi motivasi untuk warganya bangkit dan mandiri, bantuan ini adalah sebagai stimulan dalam meringankan beban hidup masyarakat. Camat menghimbau warga khususnya ibu-ibu agar dapat memanfaatkan pekarangan dengan menanam tanaman pangan yang produktif dan bernilai ekonomis.

“Kegiatan ini rencananya akan rutin dilaksanakan 3 atau 4 kali dalam setahun. Rencana inovasi ini sudah kami konsultasikan kepada program Layanan Klinik Inovasi Daerah (LAKI IDA) di BAPPEDA Kota Payakumbuh,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua LKS Peti Bunian Lamposi Eki Dt. Patiah Nan Baringek menyampaikan kolaborasi ini menjadi menarik karena membawa tiga donatur khusus dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Ada bantuan sembako, beasiswa, dan bantuan pengobatan.

“Kami selaku warga Latina sangat mendukung program kolaborasi ini,” ujarnya.

Perwakilan Barkah Mart Kemal Fauzi mengatakan 2,5 tahun yang lalu pihak Barkah Mart membuat warung kecil yang ada pondok tahfiz di sebelahnya. Akhirnya usaha ini berkembang dan kemudian mereka diberi kepercayaan oleh donatur sehingga terwujudlah Berkah Mart.

“Keuntungan Barkah Mart dikembalikan kepada masyarakat, sesuai tagline Barkah Mart bersedekah sambil berbelanja. Bantuan kami salurkan pada hari Jumat pekan keempat setiap bulan,” ujarnya.

Kemal mengatakan pihak dan pendiri Barkah Mart Aga Satria berharap dengan hadirnya Barkah Mart yang terletak di Lamposi, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari dapat memberikan dampak positif, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan. Serta dapat diikuti oleh pengusaha lainnya untuk saling berbagi dengan sesama.

“Ucapan terima kasih, jazakumullah khairan kepada admin Barkah Mart, distributor, para relawan, muhsinin dan semua pihak yang ikut membantu berjalannya program ini. Semoga usaha ini menjadi sebuah amalan yang ikhlas dan diterima Allah SWT,” tuturnya.

Dari sisi Ketua BAZNAS Kota Payakumbuh Hamdi Sofyan, menyampaikan dirinya dan jajaran baru saja dilantik pada akhir tahun 2021 lalu. BAZNAS dengan sigap memproses proposal masyarakat yang membutuhkan bantuan pengobatan, hari ini ada 3 yang akan diserahkan.

“Mudah-mudahan kerja sama ini lebih meningkat di masa yang akan datang, apa saja program yang dilaksanakan kita siap bersinergi demi kemaslahatan umat,” pungkasnya. (Humas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed