oleh

Lantik Wali Nagari Maek, Bupati Safaruddin Juga Lantik Pj. Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek

 

Limapuluh Kota, Kliksumatra.com —- Laksana sekali mendayung sampan, dua agenda penting terjadi secara beriringan di Nagari Maek, pada Jumat (08/07/2022). Pertama serah terima jabatan Wali Nagari Maek dari pejabat lama Ciswarman kepada Efrizal Hendri Dt Patiah. Berikutnya, pelantikan Penjabat Wali Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek. Uniknya, figur Ciswarman dipercaya menjadi Pj. Wali Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek. Kedua momen itu dihadiri langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo. Bahkan, Bupati Safaruddin memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah Pj Wali Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek.

“Kebersamaan dibutuhkan antara Walinagari, Bamus, Niniak Mamak, dan Pemerintah Kabupaten dalam pembangunan Nagari Maek,” pesan Bupati Safaruddin, saat memberikan sambutan usai prosesi sertijab Wali Nagari Maek dan pelantikan Pj. Wali Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek.
Acara sertijab dan pelantikan wali nagari persiapan berlangsung di Ronah, Maek Kecamatan Bukik Barisan. Tampak hadir Anggota DPRD Limapuluh Kota Marsanova Andesra , Asisten I Herman Azmar, Kepala DPMDN Endra Amzar, dan Ketua Baznas Yulius. Sertijab merupakan tindaklanjut pelantikan 68 Wali Nagari Maek hasil Pemilihan Wali Nagari Serentak Tahun 2022 berlangsung di Kantor Bupati setempat pada Jumat (01/07/2022) lalu.

Berkenaan Nagari Persiapan Koto Tinggi selain faktor kebersaman seluruh elemen masyarakat, Bupati Safaruddin minta agar Wali Nagari dapat memaksimalkan potensi sumber daya di Koto Tinggi Maek. Bahkan, untuk hal ini kekuatan perantau juga perlu didayagunakan.
“Kemampuan untuk menggali potensi sumber daya ini secara tidak langsung akan memudahkan usaha dalam menjadikan Nagari persiapan Koto Tinggi Maek menjadi Nagari Definitif di Kecamatan Bukik Barisan,”
jelas Bupati Safaruddin. Tidak hanya itu, Bupati Safaruddin optimis jika kolaborasi yang tercipta antara masyarakat dan perantau akan menjadikan Maek sebagai salah satu poros pembangunan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Pada bagian lain sambutannya, Bupati Safaruddin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Maek yang telah ikut berpartisipasi menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar di Limapuluh Kota, sehingga pemilihan wali Nagari serentak untuk 70 dari 79 nagari di Limapuluh Kota berjalan sukses, aman, dan damai. Ke depan, pihaknya berharap Wali Nagari harus menentukan satu program strategis nagari, dan fokus untuk merealisasikan program yang dirancang tersebut. “Program tersebut tentu saja harus dikomunikasikan Wali Nagari terlebih dahulu dengan Bamus maupun masyarakat untuk ikut mendukung program prioritas yang dicanangkan Nagari”, pungkas Bupati Safaruddin. Tidak hanya itu, Bupati Safaruddin turut mengingatkan Wali Nagari harus menyeleraskan program pembangunan Nagari dengan Kecamatan, Kabupaten maupun Provinsi. Disamping itu, untuk mewujudkan 10 program pokok PKK sebagai mitra pemerintah, Wali Nagari juga harus mengalokasikan dana khusus untukk PKK Nagari yang dibina langsung oleh Wali Nagari masing-masing.

Sebelumnya Wali nagari Maek terpilih Efrizal Hendri Dt.Patiah mengungkapkan rasa terimakasih atas kepercayaan masyarakat Maek saat Pilwanag yang diselenggarakan pada 25 Mei 2022 lalu. Seterusnya Efrizal meminta dukungan moril maupun materil dari seluruh elemen masyarakat, baik itu Tigo Tungku Sajarangan (Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai) maupun para perantau untuk membangun Maek dalam enam tahun kedepan. “Diperlukan sinergitas stakeholder dalam memajukan Maek, tanpa dukungan masyarakat kami tidak akan bisa mewujudkan visi dan misi dalam mensejahterakan masyarakat Maek”, ujar Efrizal. Lebih jauh, Efrizal berkomitmen secara bersama dengan Pj Wali Nagari persiapan Koto Tinggi Maek Ciswarman akan mewujudkan Nagari yang definitif demi pemerataan pembangunan baik itu di Maek maupun di Koto Tinggi Maek. (Kmf(

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed