Etnis Tionghoa Dukung Penuh Penanganan Stunting Di Payakumbuh

Payakumbuh, Kliksumatra. Com – Upaya penanganan stunting yang digalakkan Pj. Wali Kota Payakumbuh terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, tak terkecuali warga Payakumbuh dari Etnis Tionghoa.

Tergabung dalam organisasi Himpunan Bersatu Teguh (HBT), bersama Pj. Wako Jasman menyalurkan bantuan sosial untuk 3 (tiga) keluarga kurang mampu yang anaknya mengalami stunting di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB) dan Kotokocia Kubu Tapakrajo, Senin (16/10/2023).

Pada awal September lalu, HBT juga telah menyalurkan bantuan untuk anak stunting ini. Dan yang sekarang merupakan bantuan asupan gizi untuk bulan ke dua.

Penyerahan bantuan kali ini turut dihadiri oleh Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, Lurah NDB, Lurah Kotokociak Kubu Tapakrajo, Ketua HBT Thomas dan pengurus serta Ketua LPM NDB.

Pj. Wali Kota Jasman mengatakan penanganan stunting akibat gizi buruk dan ekonomi ekstrem membutuhkan langkah strategis dan komprehensif, mengingat permasalahan ini sudah menjadi isu nasional.

Menurutnya, keterbatasan anggaran pemerintah daerah menjadi tantangan tersendiri dan membuat kepala daerah harus bersinergi dengan organisasi masyarakat, badan usaha, pengusaha, dan lainnya untuk dapat mencarikan solusi guna membantu masyarakat yang stunting dan ekonomi esktrem.

“Kami sampaikan apresiasi kepada HBT atas dukungannya, semoga dibalas oleh Tuhan YME. Kami berharap sinergi ini terus dapat terjalin antara pemerintah dengan organisasi masyarakat,” ujarnya.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kita semua kepada sesama, apa yang dilakukan HBT ini patut di contoh. Mudah-mudahan ini suatu langkah yang baik untuk pencegahan stunting di Payakumbuh,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua HBT Thomas menyebut, sebagai salah satu fungsi organisasi, pihaknya selalu melaksanakan berbagai kegiatan termasuk masalah sosial.

“Kami HBT siap mendukung dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam program pengentasan stunting dan ekonomi ekstrem yang disampaikan Wali Kota Jasman,” ujarnya.

Dikesempatan itu juga, Lurah NDB Firman Hadi menerangkan keluarga penerima bantuan ini merupakan warga Kecamatan Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Utara yang saat ini berada di bawah pengawasan Puskesmas Ibuah dan Puskesmas Tiakar.

“Sebelumnya telah diberikan bantuan kepada 3 anak stunting ini, dan ini merupakan bantuan yang ke dua dari Bapak Pj. Wako bersama HBT,” pungkasnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *