oleh

Duo Putra Terbaik Kabupaten siap Bekerja sama Majukan Kabupaten limapuluh Kota.

-Kab 50 Kota-200 views

Sarilamak, Kliksumatra.com — Dalam program seratus harinya Safaruddin-Rezki, di hari kelima setelah pelantikan telah melakukan berbagai agenda.Mulai
Dengan  bersilaturahmi hingga menghadiri agenda resmi.

Pada Rapat Koordinasi bersama jajaran Pemkab Lima Puluh Kota, Selasa (2/3) Bupati Safaruddin dan Wabup Rizki Kurniawan pun mengatakan akan kerja keras demi mensejahterakan seluruh Masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota.

target kinerja yang hendak dicapai, serta langkah- langkah pembangunan yang akan dila kukan ke depan, yang bermuara pada topik penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD).

Saffarudin menyampaikan “ Semua OPD harus mampu menyerap dan menerjemahkan visi misi yang telah disampaikan sebelumnya. Dalam beberapa bulan ke depan kita akan gelar rapat rutin, terutama sekali untuk merealisasikan kinerja pada 100 hari pertama,” ucap Bupati yang dilantik 26 Februari lalu itu.

Saffarudin juga menekankan, bahwa rapat internal bersama organisasi perangkat daerah (OPD) diperlukan untuk melihat sejauh mana setiap OPD bisa mendeteksi kondisi pekerjaan masing- masing, serta sejauh mana kinerja telah berhasil dicapai. Setelah menangkap semua itu, visi dan misi yang dimilikinya akan dapat lebih disempurnakan.

Fokus Pembangunan untuk menentukan arahan pembangunan Lima Puluh Kota setiap tahunnya, Safaruddin menilai perlu ditetapkan fokus utama yang akan dida- hulukan pelaksanaannya. Antara lain, penyelesaian fondasi dasar Pembangunan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Sarilamak, pengembalian fungsi kawasan yang berkelanjutan sesuai dengan aturan yang berlaku, serta peningkatan peran limbago adat dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

“Kita juga ingin membangun kawasan- kawasan pinggiran dan strategis dalam rangka pemerataan pembangunan. Peningkatan jumlah pintu gerbang masuk dan keluar baik antar daerah maupun antar provinsi, hingga peningkatan kuantitas dan kualitas jalan sebagai urat nadi kehidupan, juga harus kita utamakan,” ucap Safaruddin lagi.

Tak ketinggalan, katanya, meningkatkan kualitas sarana dan prasarana lembaga pendidikan, pengembangan daerah tujuan wisata utama dan wisata pendukung, menciptakan peluang-peluang usaha baru di sektor pertanian, peternakan, dan pariwisata; serta pemanfaatan lahan terlantar agar menjadi lahan produktif.

Adapun Strategi Pembangunan ditempuh dengan cara  merealisasikan misi-misi yang ditetapkan tersebut, Safaruddin bersama Rizki Kurniawan mengaku akan berusaha meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai sumber pembiayaan pembangunan, memindahkan objek- objek vital Pemkab Lima Puluh Kota dari Kota Payakumbuh ke IKK Sarilamak.

Kemudian, penataan produk-produk hukum daerah yang memayungi percepatan pemba- ngunan daerah, menjalin komunikasi yang intensif antar pemerintahan baik ke atas dan ke bawah untuk meningkatkan sumber-sumber keuangan untuk pembangunan.

“Selanjutnya, kita lakukan penataan birokrasi yang efisien dan efektif sehingga tidak membe- bani keuangan daerah. Juga mengoptimalisasi teknologi komunikasi dan informasi dalam mendukung pelaksanaan program pembangu- nan, serta mendorong investasi dalam pengolahan produk pascapanen sehingga harga-harga komoditas inti daerah menjadi lebih bernilai,” kata Safaruddin lagi.

Safaruddin juga mengaku ingin meningkatkan kemitraan antara petani dan pengusaha dalam kerja sama yang saling menguntungkan. Selain itu, peningkatan kerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi dalam penciptaan teknologi tepat guna di sektor pertanian dan peternakan, juga perlu dikebut.

Termasuk, peningkatan peran serta niniak mamak dan tokoh masyarakat dalam penyelesaian masalah sako pusako, sangsako, dan pemanfaatan tanah ulayat. Pihaknya juga mendorong limbago adat nagari untuk menyusun tambo adat masing-masing, serta meningkatkan layanan pendidikan di seluruh wilayah, dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Dalam bekerja, kita harus solid dan padu. Seayun dan selangkah.  masalah pribadi dalam lingkungan pekerjaan ditingalkan jauh jauh  bekerjalah dengan profesional,” ujarnya.(CaanG)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed