oleh

Baru Dilantik, Camat Payakumbuh Utara langsung Tinjau Usaha Warga

-Payakumbuh-19 views

Payakumbuh, kliksumatra.com – Usai dilantik Walikota Payakumbuh Riza Falepi menjadi Camat kecamatan Payakumbuh Utara pada Jumat (08/11/2019) Desfitawarni langsung bekerja. Awal kegiatannya diisi dengan meninjau pelaksanaan layanan publik pada malam Jumat di kelurahan Kapalo Koto Dibalai, keesokan harinya, Desfitawarni ikut hadir dalam giat goro lingkungan di daerah Taruko dan Nan Kodok.

Tidak puas sampai disitu, Desfitawarni pada Senin (18/11/2019) kembali melakukan silaturahim dengan pelaku usaha di Balai Betung kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS).

Di daerah Balai Betung, Camat wanita di Kota Payakumbuh ini meninjau industri rumah tangga “karupuak padeh (kerupuk peas) Kharisma” milik Guslina Yardi akrab disapa Iyung.

Di bengkel kerupuak padeh ini, Desfitawarni yang didampingi pejabat kelurahan OTS melihat langsung tata cara pembuatan kuliner khas Balai Betung yang berbahan dasar singkong, tersebut.

“Terima kasih atas kunjungannya Bu Camat,” ucap Iyang.

“Saya bahagia dekat dengan warga, semoga tidak merepotkan, “balas Camat sembari membeli kerupuk pedas.

Usai bersilaturahmi dan bincang ringan dengan pemilik bengkel karupuak padeh Kharisma, Camat Desfitawarni meninjau lokasi budidaya jangkrik milik Selvi Yonalia yang tidak dari bengkel karupuak paneh milik Iyang.

Desfitawarni menyempatkan diri untuk bertanya bagaimana cara budidaya jengkrik kepada pemilik, bahkan dirinya ikut membeli 1 karung jangkrik di lokasi ini. Desfitawarni juga meninjau kerajinan dan industri rumah tangga lain yang ada di Balai Betung.

Saat diwawancarai terkait kunjungannya di Balai Betung, Desfitawarni menerangkan bahwa banyak potensi warga yang kurang terespose selama ini. Dirinya juga berencana untuk ikut andil membantu warga dalam memasarkan produksi sesuai standar pasar.

“Ternyata banyak potensi yang tersembunyi di kelurahan paling ujung kecamatan Payakumbuh Utara ini. Mulai dari industri karupuak padeh, pergedel ubi, pastel kuah pedas, kerajinan tangguak (tangguk). Dan ternyata di Balai Betung ada budidaya jangkrik yang sudah banyak pelanggannya. Hal ini harus menjadi perhatian kita, mulai dari kelurahan hingga tingkat Kota. Bagaimana UKM ini bisa tumbuh mensejahterakan. Kita juga bangga, pemasaran karupuak padeh ternyata sudah tembus Malaysia,” ungkap Camat.

Dikatakan, pihak kecamatan akan terus menstimulus dan memotivasi agar usaha dan industri rumah tangga bisa dikembangkan melalui program PKK kecamatan Payakumbuh Utara dan PKK kecamatan. Kita juga bangga PKK kelurahan Taratak Padang Kampuang juga memiliki kelompok pengrajin tas.

Ini harus kita sokong bersama, motivasi ingin maju harus kita tumbuhkan. Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” tandasnya. (Al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed